YAYASAN BUMITAMA

Boleh Lelah Tetapi Tidak Boleh Menyerah

Rabu, 30 September 2020

Memaksimalkan Waktu Tidak Pendampingan Belajar Untuk Berbenah

Metro Cempaga, 1 Oktober 2020 - Kondisi pandemi seperti sekarang ini bukan merupakan suatu penghalang untuk terus berkarya dan mengabdi secara maksimal. Di saat peserta didik harus Belajar dari Rumah (BDR) sejak pertengahan Bulan Maret 2020 lalu dalam upaya penanggulangan dan pencegahan Corona Virus Disease-19 (COVID-19), SMP Bumitama Metro Cempaga mencoba memaksimalkan kondisi tersebut dengan melakukan renovasi serta pembangunan sekolah. Situasi tersebut dirasa tepat untuk berbenah dari segi fisik karena tidak terganggu oleh keramaian peserta didik seperti biasanya.

Kepala SMP Bumitama Metro Cempaga, Achmad Arliansyah, S.Pd. mengatakan “Pada awal Januari tahun ini sebenarnya kami sudah menyusun Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS), di mana fokus kami  anggaran dana  lebih banyak tertuju pada media-media pembelajaran untuk menunjang proses belajar mengajar, akan tetapi rencana awal itu terpaksa kami rubah karena ada hal-hal yang seperti, pertama, adanya pandemi COVID-19 sehingga peserta didik tidak bisa turun ke sekolah, kedua karena memang melihat kondisi sekolah, saya nilai sudah mulai kumuh pada beberapa bagian, kemudian yang ketiga, pada bulan Maret lalu saya mengikuti webinar tentang sekolah menyenangkan, nah dari situ saya berpikir bahwa sekolah menyenangkan tidak hanya terpaku pada prose belajar mengajarnya saja, tetapi juga sekolahnya secara fisik. Kalau sekolahnya nyaman, saya rasa anak-anak juga akan senang dan merasa betah di sekolah  ” Tuturnya di sela-sela rapat.


Beberapa pembenahan yang dilakukan diantaranya pengecatan dinding ruang-ruang kelas dan ruang kantor bagian luar dan dalam yang mulai pudar, perbaikan atap-atap langit (plafon) pada beberapa bagian belakang ruang kelas yang mulai lepas, serta pelebaran jalan masuk dan keluar sekolah dengan menambahkan gorong-gorong. Selain pembenahan berupa renovasi, pembangunan barupun dilakukan untuk mempercantik dan melengkapi fasilitas yang belum ada, diantaranya pembangunan  green house untuk  pencangkokan berbagai tanaman dan syarat adiwiyata nasional, pembangunan saluran air dari depan gudang sampai depan ruang kepala sekolah sebagai upaya perbaikan sanitasi, pembuatan dan pemasangan wastafel  di depan setiap kelas sebagai upaya peningkatan PHBS di saat peserta didik mulai masuk sekolah, pembuatan jalan masuk di setiap kelas dan pintu masuk kantor dengan pemasangan paving blok, pembuatan jalan penghubung antara ruang kelas dengan ruang kantor, pembuatan titik belajar bagi peserta didik dengan penambahan bangku-bangku untuk santai di luar ruangan,  serta pembuatan kolam ikan sebagai sarana budidaya dan usaha sekolah.


Berbagai proses renovasi dan pembangunan tersebut dilakukan secara mandiri oleh tenaga pendidik dan kependidikan SMP Bumitama Metro Cempaga  pada  waktu luang dan di sela-sela istirahat proses Pendampingan Belajar dari Rumah (BDR) yang tetap harus berlangsung setiap minggu. Sedangkan untuk pembangunan skala besar yang memakan waktu lama diserahkan kepada tenaga tukang. Hal tersebutpun kian menambah kekompakan dan tingkat kerja sama antar sesama tenaga pendidik dan kependidikan.



Wakil kepala sekolah bagian sarana prasarana, Ahmad Anwar, S.Pd. mengutarakan harapannya “Ketika peserta didik masuk kembali (bersekolah) yang saya harapkan mereka akan melihat sekolahnya dulu yang belum tertata rapi kini sudah lebih rapi, selain itu dari pandangan saya untuk saat ini memang ada beberapa bagian yang sudah selayaknya direnovasi sesegera mungkin. Intinya kami ingin mengubah tampilan sekolah agar lebih menarik di waktu yang agak luang ini, sehingga ketika peserta didik masuk nanti mereka akan lebih semangat untuk mengikuti proses belajar mengajar” Kata pria yang kerap disapa pak An tersebut.

Adapun anggaran dalam berbagai pembangunan dan renovasi tersebut bersumber dari dana Bantuan Operasioanl Sekolah Reguler (BOS Reguler), dan Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi (BOS Afirmasi). Rincian-rincian dana tersebut dipaparkan langsung oleh Nurdiansyah A, S.Pd selaku bendahara sekolah “Untuk renovasi dan pembangunan sekolah masuk pada standar sarana dan prasarana, kita anggarkan dari  BOS Reguler yang diterima pada tahap 1, 2, dan yang paling maksimal pada tahap 3, serta tambahan lainnya dari  BOS Afirmasi untuk  hal-hal terkait pencegahan COVID-19 dan sekarang sudah sekitar 75 % terealisasi secara bertahap” Papar pria kelahiran Selucing itu.

Hal tersebut tentunya menjadi poin positif tersendiri bagi sekolah. Walaupun di tengah kepadatan agenda untuk terus berkunjung dari estate satu ke yang lain, dari divisi satu ke yang lain pula dalam rangka pendampingan BDR,, namun sekolah tetap terkondisi dan terpelihara dengan baik. (RT)

 

Salam Berkarakter Setulus Hati !

Dan informasi ini bisa dilihat dan dibaca di Buletin SMP Bumitama Metro Cempaga Edisi 3

Dan bisa didownload versi pdf di link google drive bawah ini...


https://drive.google.com/file/d/1J_KY01FBXIpd1rR5kfhojFRMwM34Z4lC/view?usp=sharing

0 comments:

Posting Komentar