YAYASAN BUMITAMA

Boleh Lelah Tetapi Tidak Boleh Menyerah

Senin, 16 Agustus 2021

Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 Tetap Khidmat di Tengah Pandemi

 

Metro Cempaga, 01/09/2020 – SMP Bumitama Metro Cempaga tetap melaksanakan seremonial Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI)  ke – 75 meski di tengah masa pandemi Corona Virus Disaese – 19 (COVID-19) yang tak kunjung usai. Tepat pada tanggal 17 Agustus 2020 bersama sekolah-sekolah se-wilayah 4, upacara bendera tetap dilaksanakan meskipun secara virtual dengan jajaran operasional pusat di Jakarta. Selain upacara, lomba-lomba juga turut  memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia seperti halnya dalam kondisi normal.

Achmad Arliansyah, S.Pd. Kepala  SMP Bumitama Metro Cempaga memberikan  kesan dan harapan-harapannya terkait hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -75 kepada tenaga pendidik dan kependidikan serta para peserta didik “Saya rasa perbedaan tahun ini dengan sebelumnya berkaitan tata upacara yang tidak seperti biasanya  secara normal (hanya secara virtual), tetapi nilai-nilai yang ada pada prosesi upacara intinya itu sebenarnya sebagai penghormatan dan renungan jasa pahlawan, dan semua itu tetap kita jalankan, hanya  pelaksanaannya  yang berbeda. Kita taati saja aturan yang berlaku dari pemerintah untuk mengatasi semuanya ini dengan selalu menjaga kesehatan dan menerapkan PHBS, serta social distancing, walaupun begitu saya harap tidak mengurangi kemeriahan, bahkan kami telah menyiapkan berbagai lomba-lomba secara daring yang bisa dikatakan lebih moderen” Jelasnya dalam suatu kesempatan.

Berbagai kegiatan lomba diikuti seluruh peserta didik SMP Bumitama Metro Cempaga, baik kegiatan yang diadakan oleh operasional perusahaan maupun internal sekolah. Beberapa lomba yang diadakan oleh operasional seperti halnya lomba adzan bagi peserta didik Muslim dan pujian bagi peserta didik yang beragama Kristen untuk usia anak-anak Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Lomba adzan bertempat di Masjid Miftahul Jannah, Metro Cempaga, sementara untuk lomba pujian diadakan di Gereja Oikumene, Estate SBHE. Secara kesuluruhan acara berjalan cukup meriah dan menggembirakan dengan senyuman banyak peserta didik walaupun sedang dalam kondisi yang sulit seperti sekarang ini.

Selain dari pihak operasional, internal sekolahpun mengadakan lomba-lomba  dengan teknis dalam jaringan (Daring) sebagai suatu komitmen untuk terus melakukan tindakan pencegahan pandemi COVID-19. Beberapa cabang yang diperlombakan antara lain, aransemen lagu nasional, cipta dan baca puisi, desain poster, serta video pendek yang semuanya bertema hari kemerdekaan dan kondisi lingkungan saat ini. Tema itu dipilih sebagai bahan renungan untuk menyikapi kondisi yang sedang dialami sekarang.  Kegiatan tersebut dimulai tepat pada tanggal 17 Agustus 2020 secara bertahap hingga pengumuman juara pada tanggal 31 Agustus 2020.

Ketua panitia lomba sekaligus Wakil Kepala (Waka) bagian Kesiswaan, Kamalasari, S.Sos. mengatakan “Kami berusaha menghadirkan inovasi perlombaan secara daring sebagai suatu terobosan agar lomba-lomba untuk memperingati HUT RI yang ke -75 tetap terlaksana tapi sesuai dengan protokol yang ada, kami coba bungkus dengan hal yang baru. Kalau biasanya perlombaan bersifat tradisional seperti tarik tambang, balap karung dan lain sebagaianya, kita coba hadirkan  sesuatu  yang lain dari biasanya” pungkasnya secara tegas.

Salah satu PIC lomba, Nurdiansyah A, S.Pd. mengatakan, “Walaupun di tengah masa pandemi seperti sekarang ini dan semuanya serba beda dari perayaan-perayaan hari kemerdekaan yang sebelumnya, namun  tidak menyurutkan antusiasme para peserta didik untuk tetap berpartisipasi ambil bagian dalam setiap lomba yang diadakan oleh sekolah” tutur pria yang sering disapa Pak Nur tersebut.

Antusiasme juga tergambar dari peserta didik kelas VII A bernama Noventri Selviana yang berhasil menyabet juara 2 untuk cabang cipta dan baca puisi, dan Ahmad Zaldy Ramadhan kelas VII A yang mengikuti dua cabang lomba yaitu Video kreatif dan Design Poster yang berhasil mendapatkan juara keduanya. “Selain juara, motivasi lain ikut dalam ajang ini karena saya ingin terus belajar serta mencoba mengembangkan bakat saya lebih dalam lagi” ungkapnya di sela proses pendampingan belajar.

Beberapa peserta didik yang berhasil memenangi perlombaan diantaranya, pada cabang aransemen lagu nasional diraih grup 1 Gabriella Widya Agatta Putri, Yuli Ariska, Pridi Ani Mara Agristan Tari, Salianwariah, Naila Dina Safitri (VIII A, VIIA, VII B), grup 2 Anis Mahyudzoh, Devina Alifatus Zahra, Raulita (IX A, IX B, VIII A), dan Ahmad Yoga Saputra (VII A)  cabang cipta dan baca puisi juara diraih Salsabila Nurlaylia Khabibi (VIII A), Noventri Selviana (VII A), Cherly Octaria (VII B), cabang desain poster diraih Ahmad Zaldy Ramadhan (VII A), Ahmad Afriza (VIII A), Fanesya (VIII A), cabang video pendek diraih Selvi Puspitasari dan Anestian Ramadhani (IX A), Septi Alif Ramadhani, Harviana Dwi Safitri, Fiktorian Roswita Wonga, dan Maria Katarina Anu (IX A dan IX B), Ahmad Zaldy Ramadhan (VII A).








Hal tersebut tentunya menjadi kesan dan pengalaman tersendiri bagi para peserta didik. Selain mendapat apresiasi dan  reward  berupa hadiah dan piagam penghargaan, hal positif lainnya yang diharapkan adalah tumbuhnya jiwa nasionalisme,  kepercayaan diri dan pengembangan bakat serta kreatifitas yang akan semakin meningkat dari peserta didik. (RT)

Salam Berkarakter Setulus Hati,

Merdeka ! 

Dan informasi ini bisa dilihat dan dibaca di Buletin SMP Bumitama Metro Cempaga Edisi 2
Dan bisa didownload versi pdf di link google drive bawah ini...
 










0 comments:

Posting Komentar