YAYASAN BUMITAMA

Boleh Lelah Tetapi Tidak Boleh Menyerah

Minggu, 11 Februari 2018

Study Tour Siswa SMP Bumitama Metro Cempaga ke Arboretum




Palangkaraya - SMP Bumitama Metro Cempaga memiliki agenda tahunan berupa STUDY TOUR. Kegiatan study tour merupakan kegiatan pembelajaran yang dikemas dengan rekreasi yaitu kunjungan siswa-siwa SMP Bumitama. Kegiatan study tour kali ini dilakukan pada tanggal 14 Januari 2018.  Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan lain yang berasal dari lingkungan luar sekolah.

Pemilihan tempat study tour kali ini salah satunya yaitu Arboretum Nyaru Menteng. Bagi sebagian besar masyarakat Palangkaraya tentu saja sudah familiar dengan salah satu tempat wisata edukasi ini. Arboretum Nyaru Menteng berlokasi di sebelah timur jalan raya Tjilik Riwut km 28 dari Palangkaraya menuju Kabupaten Katingan.

Arboretum merupakan kawasan pelestarian ekosistem hutan rawa dengan struktur tanah rawa dan gambut. Kawasan Arboretum juga merupakan kawasan penangkaran Orangutan yang dikenal dengan BOS (Borneo Orangutan Survival). Selain itu ada beberapa hewan lain yang juga dalam penangkaran seperti beruang madu.

Tempat ini merupakan pilihan yang tepat bagi kami siswa-siswa SMP Bumitama Metro Cempaga. Selain rekreasi, kami siswa-siswi Bumitama mendapatkan edukasi tentang Orangutan yang melalui proses penangkaran, perawatan, sampai dengan pelepasan kembali ke habitat asli yaitu ke hutan. Banyak pengetahuan baru yang didapatkan kami siswa-siswi SMP Bumitama. 

Berdasarkan kegiatan study tour kami ke Arboretum, kami dapat meningkatkan rasa kepedulian kami terhadap lingkungan sekitar kami, mencintai dan menjaga organisme lain salah satunya yaitu Orangutan, karena "kepedulian kami hari ini akan membantu kelestarian masa depan"!!!


Nah berikut ini merupakan sertifikat yang kami dapat dari Arboretum. Teman-teman lain juga bisa mendapatkannya loh hanya dengan memberikan donasi. Donasi tersebutlah yang bisa sedikit membantu kelestarian Orangutan.