YAYASAN BUMITAMA

Boleh Lelah Tetapi Tidak Boleh Menyerah

Sabtu, 07 September 2019

Belajar Demokrasi, SMP Bumitama Metro Cempaga Memilih Ketua OSIS Seperti Pemilu

Metro Cempaga - SMP Bumitama Metro Cempaga menggelar pemilihan ketua OSIS masa abdi 2019-2020 dengan sistem pemilihan umum (Pemilu) pada hari Jum’at, 6 September 2019. Kegiatan yang digelar di aula sekolah yang bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pengetahuan demokrasi sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.

 


Sebelum mencoblos, ratusan siswa mengantri untuk pencoblosan yang diselenggarakan komisi penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Setelah mendaftarkan diri, para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.



Setelah mencoblos, siswa melipat surat suara seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, KPPS memberikan tanda berupa tinta di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.


Kepala Sekolah SMP Bumitama Metro Cempaga Bpk. Achmad Arliansyah, S.Pd mengatakan "pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin yang sudah digelar kurang lebih 5 tahun di SMP Bumitama Metro Cempaga sejak berdiri dan Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu".

“Kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, pemaparan visi misi dan proses pemilihan”, tutur Bpk. Achmad Arliansyah, S.Pd.

Setelah itu, tutur Bpk. Achmad Arliansyah, S.Pd dengan penghitungan suara oleh para petugas TPS disaksikan oleh saksi. Setelah surat suara dihitung, hasilnya dapat dilihat hari ini juga. Usai pencoblosan dari total 153 warga sekolah yang menggunakan hak suaranya.

Pasangan Calon no.1 Selvi Puspitasari-Andre terpilih sebagai Ketua OSIS masa abdi 2019-2020 dengan mendapatkan 60 suara. Selisih suara antara paslon no.2 Anestian Ramadani-Ahmad Afriza sangat tipis, yaitu 55 suara, sedangkan Paslon no.3 Harviana Dwi Safitri-Mailani Aulia memperoleh 32 suara. 6 suara batal/tidak sah. Pasangan terpilih akan segera dilantik untuk memimpin OSIS SMP Bumitama Metro Cempaga setahun ke depan. Anwar Ahmad